Powered By

Free XML Skins for Blogger

Powered by Blogger

Hidup Yang Dibimbing Allah

Sedikit renungan bagi kita

......Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti keinginannya tanpa mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun? Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim. (Al-Qashash:50)

Misalkan kita hendak memasuki sebuah hutan rimba yang belum kita kenal tempatnya, tentu akan lebih mudah jika kita didampingi oleh seorang yang lebih tahu tempat tersebut. Yang akan memberi tahu kita mana jalan yang benar dan yang salah, bekal apa yang seharusnya kita bawa dan bagaimana cara mengatasi jika terjadi atau terdapat kendala dan hambatan sewaktu perjalanan.

Tetapi bisa juga kita memasuki hutan yang tidak dikenal tersebut dengan menggunakan kemampuan yang kita miliki tanpa adanya orang yang lebih tahu medan tersebut. Karena mungkin kita mempunyai keyakinan bahwa kita mampu mengatasi semua kendala dan hambatan sewaktu perjalanan. Namun sudah barang tentu cara ini akan lebih susah dibanding dengan ditemani seorang yang lebih tahu medan. Banyak energi yang terbuang sia-sia, belum lagi bahaya tersesat senantiasa membayangi.

Begitu juga dengan hidup ini, saat masalah datang menerpa, bila kita hanya mengandalkan kemampuan yang kita miliki, entah itu berupa kecerdasan, harta, ataupun kekuasaan, tapi tanpa petunjuk Allah kesesatanlah yang nantinya akan kita temui.

Memperoleh petunjuk dari Allah adalah sebuah anugerah yang tak terhingga dalam hidup ini. Sebuah masalah sebesar apapun, sesulit apapun, ia akan menjadi mudah saat "Tangan-tangan" Allah membimbingnya. Kerna itu jangan pernah menyandarkan segala solusi masalah, hanya mengandalkan pada kemampuan diri sendiri, dengan melupakan bahwa Allah lah yag sebenarya menguasai, menggenggam jiwa dan raga kita.

Manusia memang dikaruniai berbagai kemampuan yang dapat dipergunakan untuk mengatasi suatu masalah. Tetapi bila kemampuan itu tidak mendapat pengayoman dari cahaya Allah, niscaya kita akan tersesat oleh ilusi kebenaran yang diciptakannya. Sebagaimana yang Allah nyatakan di surat Al-Qashash ayat 50.

Jadi carilah bimbingan dan petunjuk dari Allah disetiap detik hidup kita ini. Jika masalah datang menerpa, mintalah petunjuk-NYA. Dan ketuklah pintu ridho-NYA, agar nur illahi senantiasa menerangi setiap langkah-langkah kita. Amin

2 komentar:

  1. Yaa... Mas kalau kita cuma ngandalkan 'kekuatan' kita, kita cuma akan pusing.... Wis thaa pokoke ora enak, abot kabeh....

    BalasHapus
  2. ya mbah bener.........setuju..

    BalasHapus

Anda dapat memberi komentar yang berupa kritik ataupun saran tentang diri saya sendiri dan blog ini, dan pergunakanlah kalimat dan kata-kata yang santun